Sabtu, 15 Agustus 2009

Wajib Lapor Bagi Tamu Harus, Tapi Jangan Dipolitisasi

JAKARTA--MI: Sistem wajib lapor bagi seseorang kepada petugas RT/RW selama berkunjung beberapa hari di satu daerah merupakan kewajiban, namun ketentuan itu hendaknya tidak dipolitisasi.

"(Ketentuan) wajib lapor harus tetap diberlakukan," kata Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Mardiyanto ketika mengadakan pertemuan dengan para lurah dan kepala desa teladan di Jakarta, Sabtu (15/8).

Mendagri mengemukakan hal itu ketika menyinggung peranan para lurah dan kepala desa untuk mencegah tindakan teror di daerah masing-masing. Ia juga mengingatkan para ujung tombak pemerintahan paling depan ini bahwa mereka harus mengetahui setiap kegiatan masyarakat di wilayahnya.

Sampai saat ini, ujarnya, masih banyak jajaran pemerintahan di daerah yang tidak tahu di wilayah mereka terdapat sejumlah pendatang yang identitas kependudukannya tidak jelas.

"Kalau ada kegiatan dalam masyarakat yang sifatnya meragukan, para kepala desa dan lurah wajib meningkatkan kewaspadaan diri mereka," kata purnawirawan TNI-Angkatan Darat ini yang selama sembilan tahun menjadi gubernur Jawa Tengah sampai diangkat menjadi Mendagri pada Agustus 2007. (Ant/OL-01)

http://www.mediaindonesia.com/read/2009/08/08/90646/18/1/Wajib-Lapor-Bagi-Tamu-Harus-Tapi-Jangan-Dipolitisasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tona manang pangarimangion